Up and Down

Memiliki orang tua yang menyepelekan sekaligus mengandalkan keberadaan gue juga salah satu yang bikin gue bingung nentuin perasaan harus kesal atau senang sama mereka. Sesuka lo deh mau anggap gue gimana, mam, pap! Semerdekanya aja!

Pagi ini bokap lagi ngandelin gue banget. Pagi-pagi banget sebelum gue keluar kamar, atau lebih tepatnya gue dibangunin.

“Nak, temenin mama ya, papa ada meeting pagi banget.”

Bokap emang suka ngandelin gue yang notabene anak pertama dan perempuan pula, sama sekali bertentangan dengan teori gue dimana harusnya anak laki-laki pertamalah yang harusnya diandelin, apapun. Ga nanggung, dia nyemplungin gue langsung ke dalam hal-hal vital yang semestinya gue ga boleh terlibat, jangankan terlibat, untuk tau aja sebenernya ga boleh. Kali ini kasusnya sama keluarga besar nyokap gue, soal warisan keluarga. Cih! Masalah duit aja pada cepet ributnya.

Ga pake mandi, gue langsung berangkat ke rumah nenek gue dimana semua kakak-kakaknya nyokap udah pada ngumpul, cucu yang nongol disitu cuma gue sama kakak sepupu gue yang emang tinggal disitu juga dan holy shit! Suasana udah tegang banget, kayaknya gue ketinggalan banyak. Tapi bodo amat, gue ga langsung ke TKP, malah nyelonong ke dapur, secangkir kopi biasanya bakalan bikin melek, iya melek kalo lo siram tuh kopi panas ke muka lo.

Sambil bawa secangkir kopi, gue duduk di sebelah nyokap. Muka nyokap sih masih nyantai, tapi ada beberapa kerutan di jidat mulusnya yang menandakan ada hal yang dia ga suka. Gue ngerangkul nyokap, buat ngingetin dia ada anak perempuannya di sebelah yang bakal nguatin. Nada bicara kakak-kakaknya nyokap makin meninggi, ada 2 orang kakak nyokap yang gue ga suka dan keduanya udah ada gelar haji di depannya. Mau gelar haji atau gelar apa pun juga ga bakal bikin gue hormat kalo kelakuannya macam binatang ngendus mangsa, sekalipun itu kakaknya nyokap.

Mereka inilah, bapak-bapak haji dan ibu-ibu hajah yang bikin ini -warisan keluarga- jadi masalah. Mereka terbutakan oleh nominal dan lupa kalo masih punya sodara yang terlahir dari rahim yang sama. Bukan gue sok bijak mau ngalahin om salam super, bukan, cuma heeey! Lo kayaknya di otak adanya duit doang sampe rela hubungan sodara hampir putus. Buat apaan udah nuntasin rukun islam ke-5 kalo kelakuannya begitu? Buat apaan dipanggil ustad kalo soal pembagian harta warisan aja ga ngerti? Nih ngomong sama tangan gue.

Back to topic, gue berkali-kali nahan nyokap untuk ga ngomong, soalnya gue paham banget kalo nyokap udah keaduk kayak adonan nastar emosinya, dia bakalan ngomong seenak jidat sesuai apa yang dia tau tanpa peduli hati yang denger kata-katanya bisa keiris tipis rapi kayak daging bebek peking. Setelah perundingan yang cuma disetujui oleh 2 kakak nyokap -beserta istrinya- itu, mereka nanya ada masukan dari gue atau engga. HA! My time! I will shoot y’all! Engga lah, gue belom punya surat izin nembak dan masih ga mau dipenjara karena ngebunuh orang. Pada akhirnya gue cuma jawab,

“Kalian mending di ruqyah aja. Setan semua yang ada nih.”

Dengan datarnya gue ngomong begitu dan bisa gue lihat mukanya memerah, marah mungkin. Terus gue berbisik ke nyokap harus siap-siap kuliah dan nyokap cuma ngangguk sambil senyum. Gue ngeloyor ninggalin ruangan, sayup-sayup gue dengar makian buat nyokap gue dan gue, like I care.

Malamnya pas gue mau masuk kamar, bokap-nyokap manggil gue lalu cerita kalo tadi pagi setelah gue ngomong itu, makian keluar lancar jaya bebas hambatan dari bibir 2 orang kakaknya nyokap. Gue cuma nyengir kayak biasa, abis ga tau mau respon apa lagi. Gue izin mau tidur sama orang tua gue dan bokap tau-tau ngomong sebelum gue bener-bener cabut,

“Kamu tuh bisa banget sebenernya diandelin. Cuma kadang kelakuannya bikin ragu berkepanjangan sepanjang tembok cina sih.”

Lagi-lagi gue cuma nyengir terus ngeloyor masuk kamar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s