Akber Depok – Entrepreneur with Passion

Yak! Update ini molor banget sik, saya suka sok sibuk gitu orangnya, apalagi kalau weekend.. *ditoyor*
Jadi pada post kali ini saya mau cerita tentang kelas Akademi Berbagi Depok yang dilaksanakan sabtu lalu (16 maret 2013) di Bimbel Master 21 Margonda, Depok. Saya bukan orang Depok, tapi sampai awal tahun ini emang saya kebanyakan waktu di Depok, jadilah saya ikut seksi ribet buat Akber Depok.
Balik lagi soal kelas Akber Depok Sabtu lalu yang dimulai jam 11 lewat banyak karena para volunteer harus nyiapin ini itu untuk berlangsungnya kelas. Bimbel Master 21 sendiri pun menyediakan ruangan kelas yang biasa dipakai buat anak didik mereka. Oh iya, judul kelasnya adalah Entrepreneur with Passion, dengan pengajar Pak Muadzin. Siapa Pak Muadzin? Saya tau sedikit nih, beliau adalah owner Semerbak Coffee.

Setelah peserta ramai (serius ini yang dateng rame dan ngelebihin kapasitas kelas), Mas Dan yang dulunya kepsek Akber Depok ngebuka kelas pada sabtu yang indah itu dengan menceritakan sedikit apa itu Akademi Berbagi dengan gayanya yang oke dan menyenangkan. Setelah pembukaan kelas, dilanjut dengan materi dari Pak Muadzin. Sedikit informasi, Pak Muadzin ini juga dulunya peserta kelas Akber yang pada saat itu gurunya adalah Mba Ollie (saya juga ga kenal-kenal banget siapa itu Mba Ollie, norak ye). Oleh Mba Ollie,  para peserta ditantang untuk nulis buku dan Pak Muadzin salah satu yang berhasil.


IMG_20130316_112124 Mas Dan sedang membuka kelas

 

Sebelum masuk ke materi kelas, Pak Muadzin berkenalan dengan para peserta kelas Akber Depok.. Ya kali aja ya ada yang bisa terkoneksi lebih lanjut #behik . Setelah sesi kenal-kenalan dan ciye-ciye gitu, Pak Muadzin mulai cerita gimana caranya bisa berhasil menulis buku. Ini singkat aja, yang pasti harus ada NIAT. Setelah ada niat, buat yang suka kebanyakan ide tapi ga sempet-sempet buat diwujudkan, bisa buat mind map, ini berguna biar idenya ga buyar gitudeeeh. Jangan sekedar niat, tapi jalankan niat tersebut sambil nyari-nyari inspirasi yang kalian bisa dapatkan dimana saja, bahkan dalem bis pun bisa, ya kan? Pak Muadzin juga bilang, setelah itu semua, kita harus menentukan deadline. Buat saya, deadline itu bisa untuk semua hal sih.

IMG_20130316_114332

“Menulis itu buat saya, bisa menghilangkan stres.” Itu dari Pak Muadzin.. Saya juga sih, pak.. Atau curhat terselubung gitu *ditoyor*
Setelah cerita soal penulisan buku, Pak Muadzin lanjut berbagi cerita hidupnya dari menjadi pegawai hingga sekarang jadi pengusaha, woooh!
Pak Muadzin sendiri, resign dari tempat kerjanya dan memutuskan menjadi pengusaha karena dorongan dari passion nya.

Passionmu apa?

Yah.. Apapun passion teman-teman, ditekuni aja. Buat yang belum tau punya passion apa, ehm.. Nanti juga bakalan ada cara buat mengetahui passion dalam diri kalian, karena masing-masing orang pasti punya jalan sendiri untuk passionnya. Bergabung dengan komunitas yang sesuai juga bisa bantu kamu mengembangkan passion yang kamu punya, guys (:

Kelas juga punya sesi tanya jawab dan Pak Muadzin berbagi soal teknis bisnis yang salah satunya menurut beliau adalah kualitas produk yang bagus, kenapa? Karena produk yang berkualitas bagus akan menjual dirinya sendiri.

Ga berhenti sampai situ, Pak Muadzin punya surprise buat para peserta. Para peserta diminta untuk menceritakan tentang passionnya, yang mau aja sih, bukan semua peserta, yang ceritanya paling oke bakalan dapet bukunya Pak Muadzin. Seru ye?! Saya ga dapet.. Lah cerita aja kaga (:

IMG_20130316_123531
Sudah dapat ilmu, sudah dapat tertawa-tertawa, dapat cerita dari orang lain, saatnya kelas ditutup. Tapi.. Tetep bisa kenalan sama akberians yang lain diluar kelas. Seperti kelas-kelas sebelumnya, harus ada foto untuk dokumentasi dulu.

IMG_20130316_134454

IMG_20130316_134500

Terima kasih untuk Pak Muadzin, akberians yang datang, Bimbel Master 21 dan para volunteer yang datang. Sampai bertemu di kelas Akber Depok selanjutnya! (:

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s