Telat Nonton The Swimmers

Sawadee kaaa!! Ketika pertama kali tau judul film ini, rasanya saya langsung mau ganti baju renang dan nyemplung ke kolam renang. Sayangnya… itu hanya keinginan yang tidak bisa direalisasikan karena tidak didukung dengan keadaan #LHA. Okaaay, kalian yang movie freaks kayaknya udah tau tentang The Swimmers. Yoi, film horror asal negeri gajah putih, alias Thailand, alias yang punya ibu kota dengan nama yang ribet banget (CMIIW). Bisa dibilang, saya telat banget nonton film ini, padahal film ini udah keluar dari tahun 2014 lalu, tapi saya baru nonton kemarin malam :P ya namanya juga sbux yah! (baca: sibuk, bukan starbucks). 

maxresdefault

Kenapa kok tiba-tiba nyangsang nonton film ini sih, ry?
Ya… karena… ga tau juga :| Emang pada dasarnya saya ini suka nonton film horror (padahal penakut, padahal kalau keluar kamar lewat dari jam 10 aja mesti ditemenin suamik! Hih! Bodo ah) Eh sebenarnya, alasan awalnya bukan karena ini film horror sih, tapi saya lagi suka aja sama yang berbau Thailand. Gara-gara kemarinan abis namatin 2 series Thailand yang fenomenal banget, itulhooo Hormones The Series yang diproduksi sama GTH. Gara-gara series itu, saya jadi tertarik cari series Thailand lain, dan yang saya ingat adalah, film horror Thailand bagus-bagus. Begitu saya cari, ketemulah beberapa film horror Thailand, dan The Swimmers ini salah satunya. Iya, saking sibuknya saya sampai ga tau film Thailand mana aja yang berhasil masuk Indonesia. Eits.. tapi sekarang tau dong, kemarinan ada I Fine Thank You Love You yang tayang, tapi tetep aja, saya ga sempet nonton *nangis di basement*. Saya langsung tertarik karena yang memerankan, ga lain dan ga bukan adalah beberapa bintang dari Hormones The Series, KYAAA!!!

 

The Swimmers ini punya judul Thailand Fak Wai Nai Gai Thoe (tolong koreksi kalau salah) ini cukup berhasil memikat hati saya buat nonton. Film horror ini punya durasi kurang lebih 114 menit yang buat saya, ya… ga lama-lama amat dan ga terlalu sebentar deh. Nah kalo penasaran seserem apa, liat deh sutradaranya, Sophon Sakdaphisit, yang juga menulis Ladda Land dan Coming Soon. Saya sih emang belum nonton keduanya, LOL! By the way, selain penulisnya, rumah produksinya juga harus diperhatikan ya pemirsa, GTH loh, pemirsa!!!

 

Balik lagi ke The Swimmers yang diawali dengan scene Perth (Chutavuth Pattarakampol) lagi di dalam air, ternyata dese main lama-lamaan nahan nafas di dalam air sama Tan (Thanapob Leeratanakajorn). Dari awal cerita udah digambarkan Perth dan Tan adalah teman dekat, sama-sama satu club renang juga, dan selalu bersaing. Dari scene awal juga, buat saya udah nyadar kalau Perth ada niatan yang ga baik ketika pertama kali ketemu Ice (Supassra Thanachat), pacarnya Tan.

Dan… ceritanya bergulir menjadi hubungan yang complicated antara Perth, Ice, dan Tan. Yang berujung pada kematian Ice. Di film ini, karena emang genrenya horror, drama cinta segitiga antara Perth, Tan dan Ice emang ga terlalu ditonjolkan. Inti cerita justru setelah Ice mati. Dan kalau di awal scene kamu lihat adegan Ice lompat dari papan lompat indah dan kemudian kamu mengira Ice ga ada di adegan-adegan berikutnya, kamu salah! And, by the way, Ice mati bukan karena bunuh diri lho! :P

Saya ga mau ceritain gimana filmnya, lagian kayaknya juga banyak yang udah pada nonton yak! (-_-“) Di beberapa menit awal, saya sempat bingung, “Ini cerita apa sih? Kok tau-tau jadi lompat ke sini sih?”, dan kadang ada alur yang lambaaaaaaaaaat sekali. Tapi buat saya, ini film horror bagus, walaupun saya ga bisa lepas dari bayang-bayang horror karya James Wan kayak Insidious, film ini masih bisa bikin saya tetap waspada ketika di toilet, kan kentut! Padahal kalau dilihat lagi, porsi munculnya setan, alur, dan soundnya ga gimana-gimana. yang suka horror kelas berat pasti ngatain saya cemen. EMANG!!! Tapi bodo amat, kan we ini yang takud!

Pesan yang bisa saya ambil dari The Swimmers adalah jangan terlalu enteng berbicara dan ingatlah janji yang telah kau ucap. Kenapa? Karena Perth dihantui sama Ice bukan tanpa alasan, iseng banget tuh hantu, ga ada kerjaan laen? Kamu yang udah nonton pasti inget ada scene dimana Perth dan Ice mau have sex, tapi Perth ga ada kondom, terus Perth bilang kalau Ice sampai hamil, Perth akan mengurus anak mereka untuk Ice. In fact, Perth bukan menjaga baby itu, dia malah menghancurkan, dan menguburkan jasadnya dengan sangat tidak layang. Btw, pas nonton dan nulis ini, saya jadi merinding (ga pake disko) lagi :|  Oh ya, last thing, karakter di The Swimmers ini mirip-mirip sama karakter di Hormones The Series, ya? Atau perasaan saya aja?

Ciao!
XO, FJRN

5 thoughts on “Telat Nonton The Swimmers

  1. lifeofwongprofile says:

    menurut saya ini kurang serem..(lupa uda nonton apa belum, tp pas liat trailernya lagi, kykny uda pernah nonton)
    utk coming soon n laddaland.. coming soon saya uda nonton, ga serem2 amat, berlebihan penilaian org2 menurut saya..tp kalo ladda land, saya blm nonton..
    swimmers ini lbh ke cerita aja, segi horrornya ga melekat banget..
    kalo boleh ksh pendapat, malahan menurut saya film horror thai yg melekat seremnya itu ya shutter.. yg rasanya kalo nimbang berat badan, kok jd naik drastis.. bisa kebayang sendiri “jgn2 ada setan yg duduk di pundak saya ya” hahahhaa….lolz
    anyway, thanks for the review

Leave a Reply

