Bahasa Wajib Selain Bahasa Inggris

Ola!

Apa kabar blog yang udah lama gue anggurin? Padahal udah mau nulis dari beberapa hari yang lalu. Udah sempet juga bikin tulisan, tapi ya gitu, hanya sampai di draft karena ga ngerti harus ngelanjutin bagaimana. Tapi karena akhir Mei lalu liat post nulisbuku tentang #NulisRandom2015, akhirnya ku menantang diri sendiri untuk menulis lagi.

pict from pinterest.com

By the way, umur gue Juni nanti 23 tahun. Ini udah Juni sih, tapi kan baru tanggal 1, gue kan ulang tahun tanggal 26. Di umur gue yang sekarang, banyak banget sebenarnya hal yang mau gue pelajari. Salah satunya ya bahasa pemrograman, yang buat gue adalah bahasa wajib selain Bahasa Indonesia. Eh udah belajar bahasa pemrograman sih, cuma basic aja kayak qbasic, pascal, cobol, latex, visual basic, java, javascript, dan ruby.

Dari segitu banyak bahasa pemrograman, yang paling ngelotok di otak gue adalah si pascal. Ya gimana engga, dulu pas ngampus di kampus UFO kan setiap Minggu kita praktikum plus ditugaskan untuk ngotak ngatik pascal. Kemudian di kampus yang sekarang, gue juga masih belajar pascal, dan nambah 1 lagi Java. Padahal gue udah sok ide belajar Javascript karena ngeliat senior yang ngomongin Java. Tapi setelah beberapa lama gue belajar Javascript dan mulai jatuh cinta, gue baru inget kalau Java dan Javascript adalah bahasa pemrograman yang BERBEDA!!! HAHAHAHA. Ya udah, gue jadi agak sedikit menurun semangatnya untuk mendalami Javascript, karena coding Java sendiri udah panjang ngalahin gabungan gerbong kereta api, sizzz!

Lagi kepusingan sama Java, teman gue, Ratu Amalia, yang cantik nan baik hati namun pesek ini ngomporin soal Ruby yang katanya gampang. Gue belum tergoda dengan rayuan Lia sih pada saat itu, tapi gue penasaran. Kemudian gue nanya dong ke teman gue yang memang programmer, ngurusin Ruby saban hari. Menurut pengakuan sidoy, Ruby memang salah satu bahasa pemrograman yang mudah. Ya gue buktikan dooong! Dan ternyata, terbukti sudah bahwa Ruby cukup mudah untuk dipahami, walaupun gue belum pernah cari tau sedikit pun tentang Ruby.

Tuhan, ku mau belajar Ruby aja di kampus boleh ga???

Berbekal kenapsuan gue sama Ruby, gue nanya sama senior di kampus tentang bahasa pemrograman apa aja yang akan dipelajari selama kuliah. Dan jawabannya adalah, “JAVA”. Terus pas tau bakalan dapet Java sampe lulus, gue spontan langsung nyeletuk, “anying!”.

Leave a Reply

