Sara Is Missing yang Wajib Dicoba Walau Anti-Klimaks

Setelah melihat post teman saya di Path, saya akhirnya latah juga untuk download Sara Is Missing (SIM). Dari namanya aja udah kebayang kalau game keluaran Moonson Lab ini rada thriller. Monsoon Lab sendiri ternyata sebuah game studio baru dari Malaysia dan Sara Is Missing jadi game pertama mereka. Game yang bisa kamu-kamu semua download di Android, iPhone, serta PC ini, buat saya cukup menarik walaupun anti-klimaks. Kenapa???

Sara-Is-Missing-yang-Wajib-Dicoba-Walau-Anti-Klimaks

Homescreen

Misi yang agak-agak nanggung

Entah karena saya emang bukan tipe orang yang mau effort kebanyakan untuk memainkan sebuah game atau emang kurang jelas aja apa yang harus dilakukan di Sara Is Missing ini. Karena di IRIS (Intelligent Recognitive Iconolatry System, – mirip SIRI) ada Memo yang kayak misi-misi yang harus kita lakukan. Cuma ya itu, masih kurang jelas dan sampai kelar pun, masih ada misi yang belum complete, tapi game-nya udah selesai dan nggak bisa diapa-apain lagi. Jadi saya bingung ini game sebenarnya udah final apa belum HAHAHA *jahat*

 

Respond yang kurang variasi

Saya paling gemes kalau ketemu bug, bawaannya mau ngoceh ke developer. Cuma setelah beberapa kali menyelesaikan SIM, dengan pilihan yang berbeda-beda tetapi respond dan ending yang tetap satu jua, saya jadi sadar kalau Moonson Lab kurang banyak kasih variasi respon di SIM. Salah satu contohnya ketika kita chat sama IRIS, dengan pilihan yang beda, IRIS respond-nya tetap sama.

Sara-Is-Missing-yang-Wajib-Dicoba-Walau-Anti-Klimaks

IRIS, you’re drunk!

Kalau di kehidupan nyata IRIS kayak gitu.. saya pasti akan bales, “IRIS you’re drunk!”

 

Keyboard yang bikin gemes

Seperti smartphone pada umumnya, SIM juga punya keyboard.. yang bukan jadi pilihan pertama kalau mau balas chat. Jadi dari setiap chat yang kita terima, akan muncul 2 sampai 3 pilihan, di bawahnya baru ada pilihan lagi untuk menggunakan keyboard. Lucunya, huruf apapun yang kita tap, akan autocorrect ke kata-kata yang terdapat pada masing-masing pilihan. Jadi terkesan agak maksa, tapi balik lagi, kalau kita jawabnya ngelantur atau ngaco, si developer jadi harus bikin lagi respon SIM untuk jawaban ngelantur kita itu, yang artinya juga.. nambah-nambahin kerjaan aja! :)

 

Interface yang sangat familiar

Opening screen dari Sara Is Missing cukup resek buat saya, dan berhasil bikin saya close game ini berkali-kali, apalagi di situ ada tulisan “USE HEADPHONES FOR BETTER EXPERIENCE” dan “PHONE STRAP ADVISABLE”. Di otak saya sih udah ada macem-macem aja, kayak suara-suara horror a la monster-monster atau ngagetin tiba-tiba yang bikin spontan ngelempar handphone. Balik lagi ke masalah interface, dari sekian banyak game di smartphone yang pernah saya coba, SIM satu-satunya game yang punya interface mirip iOS, yang bikin kita bener-bener kayak lagi megang smartphone.. ya mainnya di henpon juga ya, kaaak~

 

Data di smartphone Sara cukup ok

Di awal permainan, satu-satunya yang tersisa di smartphone punya Sara (setelah di-restore) hanya IRIS. Setelah percakapan-percakapan halu, IRIS nantinya akan minta kita untuk restore data, baru deh muncul selain IRIS ada Messages, Mail, Gallery, Music, Phone, Notes. Semua apps yang berhasil di-restore sama IRIS ada datanya, bahkan di contacts ada datanya juga, ya walau nomor telponnya nggak jelas juga, sih. Tapi lagi-lagi, Moonson Lab berhasil bikin gamer (atau at least saya) bener-bener ngerasa megang smartphone Sara yang hilang entah kemana itu.

 

Jadi buat saya, Sara Is Missing cukup menyenangkan, asal jangan menaruh ekspektasi terlalu tinggi sama game ini. Karena.. saya aja yang penakut ternyata masih bisa handle this game (berkali-kali). Sara Is Missing nggak cukup buat bikin saya takut atau jijik, disturbing picts dan suara-suara menakutkannya belum berhasil bikin saya mengibarkan bendera putih untuk kemudian berhenti di tengah permainan. Sara Is Missing bisa lebih meledak lagi kalau jalan ceritanya di-explore lebih kompleks (kata developer-nya.. bikin kerjaan gue aje lo!) dan respon atas pilihannya lebih banyak. Walau begitu, Sara Is Missing tetep harus dicobain sih, terus ya jangan lupa buka Maps dan masukan kordinat yang dikasih setelah permainan berakhir, kali-kali aja kamu penasaran dan mau ke situ! Terakhir, ingat aja kata-kata Irizu yang bermakna banget..

“Many things in life make little to no sense at all”

 

Ciao!

Leave a Reply

